ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI DAN KESESUAIANNYA DENGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP) PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

  • Maryanto Maryanto STIE Sakti Alam Kerinci

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk menguji penerapan SAK ETAP dalam penyajian laporan keuangan dan menganalisa kendala – kendala yang dihadapi dalam penerapan SAK ETAP pada UMKM Saleh Pisang di Desa Dalam Kecamatan Siulak. Metode penelitian ini adalah  deskriptif  kualitatif  dengan menggunakandata Primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwalaporan keuangan yang disusun oleh UMKM Saleh Pisang terdiri atas Catatan Kas, Catatan Hutang, Laporan Gaji Karyawan, Laporan Laba Rugi, dan Laporan aset. Hal ini masih belum sesuai dengan standar SAK ETAP. Di dalam SAK ETAP disebutkan bahwa laporan keuangan terdiri dari Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas, dan Catatan Atas Laporan Keuangan. Dalam pengakuan, pengukuran, penyajian laporan keuangan belum sepenuhnya menerapkan SAK ETAP dengan benar. Karena UMKM Saleh Pisang masih menggunakan metode pencatatan cash basis sedangkan menurut SAK ETAP harus menggunakan accrual basis.Kendala dari UMKM Saleh Pisang dalam menerapkan SAK ETAP dalam penyusunan laporan keuangannya adalah, (1. Rendahnya pemahaman pemilik maupun karyawan,  terhadap SAK ETAP. 2. Kurangnya sosialisasi terkait Laporan Keuangan yang sesuai dengan SAK ETAP,(2. Belum adanya pendampingan yang intensif terkait penerapan SAK ETAP,(3. Tidak adanya pengawasan dari pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan UMKM Saleh Pisang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 4, 2019
How to Cite
MARYANTO, Maryanto. ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI DAN KESESUAIANNYA DENGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP) PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). JURNAL EKONOMI SAKTI (JES), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 50-64, aug. 2019. ISSN 2685-1849. Available at: <http://jes.stie-sak.ac.id/index.php/103044/article/view/189>. Date accessed: 22 oct. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.36272/jes.v8i1.189.
Section
Articles