ANALYSIS PROFITABILITY RATIO OF FINANCIAL SECTOR (PT. BANK SINARMAS TBK, PT. BANK OF INDIA INDONESIA TBK, PT. BANK VOCTORIA TBK) PERIOD 2012-2021

  • Alvynada Nurul Laily Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Azhamita Nanda Ariyanti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Dita Amalia Putri Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Achmad Jufri Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Darmawan Darmawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan kinerja keuangan pada tiga perusahaan perbankan, PT. Bank Sinarmas Tbk, PT. Bank Of India Indonesia Tbk, PT. Bank Victoria International Tbk berdasarkan rasio profitabilitas pada tahun 2012 sampai dengan tahun 2022. Penelitian ini dilakuakan dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari pengumpulan laporan keuangan pada tiga perusahaan bank tersebut dari tahun 2012 - 2021. Laporan keuangan ketiga bank tersebut dilakukan analisis mendalam dengan Rasio Profitabilitas menggunakan pengukuran kinerja keuangan berdasarkan Net Profit Margin, Return On Equity, dan Return On Assets. Hasil penelitian diperoleh bahwa kinerja keuangan pada PT. Bank Sinarmas Tbk, PT. Bank Of India Indonesia Tbk, PT. Bank Victoria Tbk berdasarkan rasio NPM, ROE, dan ROA menunjukkan bahwa kinerja keuangan pada ratio NPM Bank Victoria memiliki tingkat kategori standar yang lebih baik dan lebih tinggi dibandingkan perusahaan lainnya. Untuk Ratio ROE dan ROA Bank Sinarmas memiliki standar yang lebih baik karena fluktuasi nya lebih stabil dari pada Bank India Indonesia dan Bank Victoria pada tiap tahunnya mengalami naik turun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 1, 2023
How to Cite
LAILY, Alvynada Nurul et al. ANALYSIS PROFITABILITY RATIO OF FINANCIAL SECTOR (PT. BANK SINARMAS TBK, PT. BANK OF INDIA INDONESIA TBK, PT. BANK VOCTORIA TBK) PERIOD 2012-2021. JURNAL EKONOMI SAKTI (JES), [S.l.], v. 12, n. 1, p. 15-30, feb. 2023. ISSN 2685-1849. Available at: <https://jes.stie-sak.ac.id/index.php/103044/article/view/239>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.36272/jes.v12i1A.239.
Section
Articles