PENGARUH THEORY OF PLANNED BEHAVIOR TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA UIN RMS DI BANK SYARIAH

Authors

  • Janah Dita Nisma Rawi UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Yona Luthfiyanti Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Meilana Widyaning Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36272/jes.v12i1A.241

Keywords:

Attitudes Toward Behavior; Subjective Norms; Behavior Control; Interest in Saving.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Theory of Planned Behavior terhadap minat mahasiswa UIN RMS menabung di bank syariah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Theory of Planned Behavior untuk menjelaskan bagaimana sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku dapat mempengaruhi minat menabung. Data penelitian ini diperoleh dari kuisioner yang disebar melalui media sosial dengan teknik purpose sampling dengan kriteria responden adalah mahasiswa UIN RMS dari 5 fakultas. Data yang terkumpul sejumlah 126 responden dan menggunakan analisis regresi berganda sebagai alat ujinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku berpengaruh signifikan terhadap minat menabung mahasiswa UIN RMS di bank syariah. Hasil dari penelitian ini berdampak pada instansi pendidikan, lembaga keuangan, dan pihak-pihak pemerintah untuk terus mengedukasi agar potensi mahasiswa UIN RMS dapat menabung di bank syariah dan menghindari riba.

 

Kata Kunci: Sikap Terhadap Perilaku; Norma Subjektif; Kontrol Perilaku; Minat Menabung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.bdurrachman. (2014). No Title. In Ensiklopedia Ekonomi Keuangan Perdagangan (p. 6). PT. Pradnya Paramita.
Abdul Hadis dan Nurhayati. (2010). No Title. Psikologi Pendidikan.
Ahmar, & Kurniawan. (2007). No Title. “Analisis Profitabilitas Sebelum Dan Sesudah Pemenuhan Corporate Governance Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di Bursa Efek Jakarta, Vol 7, 30.
Ajzen. (2005). No Title. Attitudes, Personality, and Behavior.
Ajzen, I. (2011). The theory of planned behaviour: Reactions and reflections. Psychology and Health, 26(9), 1113–1127. https://doi.org/10.1080/08870446.2011.613995
Astuti, T., & Mustikawati, R. I. (2013). Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 182–198. https://doi.org/10.21831/nominal.v2i1.1655
Ayu Lestari, A. Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas , dan Kepuasan Wisatawan terhadap Minat Berkunjung Kembali (Study Kasus pada Objek Wisata Budaya Taman Tujuh Desa Hiang Sakti). J Adm Kantor. 2022;10(2):153-166.
Belakang, A. L. (n.d.). Muhammad Ridwan, Manajemen Baitul Maal Watamwil (BMT), UII Pres Yogyakarta, 2004, hlm . 08 1 1. 1–9.
Fishbein, M. (2021). The Influence of Attitudes on Behavior. The Handbook of Attitudes, January 2005, 187–236. https://doi.org/10.4324/9781410612823-13
Edia Satria. 2020. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Al-Dzahab, Vol. 1 (2) - NOVEMBER 2020: h: 117-126
Imam, G. (2009). No Title. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS ", Semarang :
Indra, I. B. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Salon Feri Pelaminan. Jurnal Administrasi Nusantara, 2(2), 1-19. Pelaminan. Jurnal Administrasi Nusantara, 2(2), 1-19.
Liantifa, M., & Siswadhi, F.2019. Shopping Lifestyle As a Mediation Variable in the Effect of Hedonic Shopping Value on Buying Impulse in Online Shop. Jurnal Apresiasi Ekonomi,
Muhibbin, S. (2012). No Title. Psikologi Belajar, jakarta, 152.
Munandar. (2014). Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif terhadap Niat Menggunakan Produk Perbankan Syariah Pada Bank Aceh Syariah di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 3(September), 2.
Oktanto, D., & Amin, M. N. (2014). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2008-2011. Jurnal Akuntansi Trisakti, 1(1), 60–77. https://doi.org/10.25105/jat.v1i1.4802
Priambodo, S., & Prabawani, B. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127–135.
Rotter. (1966). No Title. “Generalized Expectancies for Internal versus External Control of Reinforcement”, Psychological, Vol. 80, 1-28.
Sikap, P., & Subyektif, N. (2012). (structural equation model). 1, 13–28.
Siqueira, M. S. S., Nascimento, P. O., & Freire, A. P. (2022). Reporting Behaviour of People with Disabilities in relation to the Lack of Accessibility on Government Websites: Analysis in the light of the Theory of Planned Behaviour. Disability, CBR and Inclusive Development, 33(1), 52–68. https://doi.org/10.47985/dcidj.475
Soemitra, A. (2004). No Title. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah, Edisi Pert(jakarta).
Thomson, & Tan. (2000). No Title.
Budaya, I., & Ahdiani, N. (2019). KEPERCAYAAN DAN CELEBRITY ENDORSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KUALITAS INFORMASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA ONLINE SHOP (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Sakti Alam Kerinci). JURNAL EKONOMI SAKTI (JES), 8(2), 145-157.

Ahmad, M. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Keadaan Ekonomi, dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Beat di Kota Sungai Penuh. Al Dzahab: Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 2(2), 59-65.

Efdison, Z. (2021). Internal Marketing Analysis and Service Quality on Student Satisfaction as Consumers. ADPEBI International Journal of Business and Social Science, 1(1), 77-83.

Siswadhi, F., & Ahmad, M. (2021). ANALISIS DIMENSI KNOWLEDGE WORKER DALAM MENINGKATKAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KERINCI. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial Issue 2), 752-761.

Sari, A. E., Amri, F., & Yusnita, I. (2020). Pengaruh Reward Terhadap Knowledge Sharing Perangkat Desa Berdampak Peningkatan Partisipasi Masyarakat. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(2), 104-118.

Published

02/01/2023

Issue

Section

Articles