PENGARUH FITUR LAYANAN DAN KEMUDAHAN MENGGUNAKAN M-BANKING BSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH

Authors

  • Afifah Miftakhul Jannah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Dian Nova Hastari UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36272/jes.v12i1.243

Keywords:

Service Features, Convenience, M-Banking, Satisfaction

Abstract

This study aims to determine the effect of service features and convenience on customer satisfaction in transactions using Bank Syariah Indonesia M-Banking. The objects in this study are customers who use m-banking BSI throughout Soloraya. In this study, 149 samples were taken and the data were tested using validation and reliability tests. As for the effect of the t test, it was processed using SPSS version 26. The results showed that the research on service features and convenience had an influence on customer satisfaction with BSI m-banking users throughout Soloraya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, & Pambudi, B. S. (2013). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadapminat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking Bri). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Amalia, P., & Hastriana, A. Z. (2022). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Keamanan, dan Fitur M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus BSI KCP Sumenep). Islamic Sciences, Sumenep, 1, 70–89.
Ayu Lestari A, (2022) Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali (Study kasus pada Objek Wisata Budaya Taman Tujuh Desa Hiang Sakti). Jurnal Adm Kantor 2022;10(2):153–166.
Efdison, Z. (2021). Internal Marketing Analysis and Service Quality on Student Satisfaction as Consumers. ADPEBI International Journal of Business and Social Science, 1(1), 1–6.
Febrianti, D., Hidayah, S. L., Abdullah, & Lawita, N. F. (2021). Penerapan Basis Data pada Perusahaan Perbankan (Studi Kasus Penerapan Mobile Banking pada Bank Syariah Indonesia). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3686–3693.
Haryono, G., Satria, E., & Sari, A., E. 2019. Analisis Pemasaran Wisata Kuliner Terhadap Peningkatan Pendapatan di Kabupaten Kerinci. Jurnal Manajemen dan Sains, 4(2), 283-291.
Nawangsari, S., & Iswah, S. N. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Fitur Layanan terhadap Kepuasan Nasabah serta Implikasinya pada Minat Ulang Penggunaan Aplikasi Jenius Bank BTPN. Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIK), 144–151.
http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semnastik/article/view/2777

Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 87–104. https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i1.24.87-104

Oktaviani Satriyanti, E. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah Dan Citra Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 2(2), 171. https://doi.org/10.14414/jbb.v2i2.172

Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440–456. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.06


Budaya, I., & Ahdiani, N. (2019). KEPERCAYAAN DAN CELEBRITY ENDORSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KUALITAS INFORMASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA ONLINE SHOP (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Sakti Alam Kerinci). JURNAL EKONOMI SAKTI (JES), 8(2), 145-157.

Rosalinda, T. I., & Budaya, I. (2021). PENGARUH DAYA TARIK, FAKTOR BUDAYA, DAN AKSRSBILITAS TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG WISATAWAN LOKAL KE OBJEK WISATA DANAU KACO KABUPATEN KERINCI (Studi Kasus Warga Desa Jujun). KOLEKTIVITA, 4(2), 100-109.

Efdison, Z. (2021). Internal Marketing Analysis and Service Quality on Student Satisfaction as Consumers. ADPEBI International Journal of Business and Social Science, 1(1), 77-83.

Siswadhi, F., & Ahmad, M. (2021). ANALISIS DIMENSI KNOWLEDGE WORKER DALAM MENINGKATKAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KERINCI. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial Issue 2), 752-761.

Published

04/07/2023

Issue

Section

Articles