PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, MANFAAT DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SHOPEEPAY SEBAGAI SARANA TRANSAKSI PEMBAYARAN
DOI:
https://doi.org/10.36272/jes.v12i1.245Keywords:
converienct, benefit, trust perception interst of using ShopeepayAbstract
Di Indonesia pada saat ini mayoritas masyarakat sudah menggunakan e-wallet sebagai solusi pembayaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemudahan, manfaat dan kepercayaan menggunakan shopeepay sebagai sarana transaksi. Kuesioner dibagikan kepada 100 pengguna ShopeePay di wilayah Soloraya. Data yang ditabulasi diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas. Data yang di-analisis diuji dengan regresi berganda sederhana dengan SPPS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. persepsi kemudahan, manfaat dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan pembayaran transaksi shopeepay.
Kata Kunci : Persepsi Kemudahan, Manfaat, Kepercayaan, Menggunakan ShopeePay
Downloads
References
Aziz, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT UNTUK MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK ( SHOPEEPAY ). 105–116.
Budaya, Indra. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Salon Feri Pelaminan. Jurnal Administrasi Nusantara (JAN) Volume 2 No. 2 – Desember 2019.
Cahyo, A. D., Tresnati, R., & Harahap, D. A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Promosi terhadap Minat Penggunaan E-money Shopee Pay. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(2), 1280–1285.
Davis, F. D. (1993). User acceptance of information technology: system characteristics, user perceptions and behavioral impacts. In International Journal of Man-Machine Studies (Vol. 38, Issue 3, pp. 475–487). https://doi.org/10.1006/imms.1993.1022
Ekonomi, F., Bisnis, D., Hayati, D. P., Hariyani, S., Citaningtyas, D., & Kadi, A. (2021). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 3. September.
Edia Satria. 2020. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Al-Dzahab, Vol. 1 (2) - NOVEMBER 2020: h: 117-126
Fadhilah, J., Layyinna, C. A. A., Khatami, R., & Fitroh, F. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Wallet Sebagai Solusi Alternatif Pembayaran Modern: Literature Review. Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), 2(2), 89–97. https://doi.org/10.36596/jcse.v2i2.219
Falah, M. N. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Kembali Shopeepay Di Kota Malang Saat Pandemi Covid- 19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 1–18. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7272
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.35326/jiam.v3i1.612
Liantifa, M., & Siswadhi, F.2019. Shopping Lifestyle As a Mediation Variable in the Effect of Hedonic Shopping Value on Buying Impulse in Online Shop. Jurnal Apresiasi Ekonomi,
Meileny, F. dan T. I. W. (2020). Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Linkaja Di Indonesia. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 4(2), 1–9.
Narasati, M. (2020). Financial Technology (Fintech) Di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Islam. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 2(2), 155–170.
Pitura, R. C., Rachma, N., & Rahma, F. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-WalletShopeepay Di Kalangan Generasi Millenial( Studi PadaMahasiswa Manajemen UNISMA Angkatan 2018). E-JRM: E-Jurnal Riset Manajemen, 71–81. www.fe.unisma.ac.id
Saputra, H. A., & Susanti, E. D. (2022). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, dan Intensitas Pengguna Pay Later Terhadap Gaya Konsumtif Masyarakat (Studi Pada Pengguna Shopee PayLater Usia Produktif Kota Surabaya). SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 52–61. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2449
Sugiyono. (2010). prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan kuantitatif. intro ( PDFDrive ).pdf (p. 12).
Wafa, A. K. (2020). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Shopeepay Later. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(1), 16–30.
Zulfikar, M. I., Komariah, K., & Samsudin, A. (2022). Analisis promosi penjualan dan kemudahan terhadap keputusan penggunaan shopeepay (survei pada mahasiswa universitas muhammadiyah sukabumi). COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 5(2), 1492–1498.
Rosalinda, T. I., & Budaya, I. (2021). PENGARUH DAYA TARIK, FAKTOR BUDAYA, DAN AKSRSBILITAS TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG WISATAWAN LOKAL KE OBJEK WISATA DANAU KACO KABUPATEN KERINCI (Studi Kasus Warga Desa Jujun). KOLEKTIVITA, 4(2), 100-109.
Efdison, Z. (2021). Internal Marketing Analysis and Service Quality on Student Satisfaction as Consumers. ADPEBI International Journal of Business and Social Science, 1(1), 77-83.
Siswadhi, F., & Ahmad, M. (2021). ANALISIS DIMENSI KNOWLEDGE WORKER DALAM MENINGKATKAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KERINCI. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial Issue 2), 752-761.







1.png)



