PENGARUH KEGUNAAN, KEMUDAHAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN LINKAJA SYARIAH BAGI MASYARAKAT SOLO RAYA
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.36272/jes.v12i1A.247Keywords:
Kegunaan, Kemudahan, Kepercayaan, Keputusan PenggunaanAbstract
Dalam penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjabarkan pengaruh dari kegunaan, kemudahan serta kepercayaan secara parsial dan simultan terhadap keputusan penggunaan LinkAja Syariah di Solo Raya. Untuk teknik pengambilan sampelnya yaitu non probability yang menggunakan purposive sampling. Pengguna layanan LinkAja Syariah dan masyarakat domisili solo raya adalah kriteria pengambilan sampel penelitian ini. SPSS 25 digunakan untuk mengolah data ini. Pada penelitian ini metode menggunakan metode uji reliabilitas dan uji validitas, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis linear berganda, koefisien determinan, uji signifikansi uji F, serta uji signifikasi uji T. Hasil pada penelitian uji F menghasilkan variabel kegunaan, kemudahan, serta kepercayaan secara simultan berpengaruh signifikan pada variabel keputusan penggunaan. Hasil penelitian uji T menghasilkan bahwa variabel kegunaan dan kemudahan berpengaruh terhadap variabel keputusan penggunaan LinkAja Syariah. Sementara variabel kepercayaan tidak berpengaruh terhadap variabel keputusan penggunaan LinkAja Syariah.
Downloads
References
Davis, F. D., & Davis, F. (1989). Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use , and User Acceptance of Information Technology. January 2015. https://doi.org/10.2307/249008
Fadila, A., Bulan, T. P. L., & Amilia, S. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Electronic Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Shopee di Pangkalan Brandan. JIM Manajemen: Manajerial Terapan, 1(1), 19–26.
Hasanah, U., Rusydi, M., Maulana, C. Z., Maftukhatushalikhah, M., & Azwari, P. C. (2021). Penggunaan Digital Payment Syariah Pada Masyarakat Di Kota Palembang: Pendekatan Teori Technology Acceptance Model (TAM) pada Layanan Syariah LinkAja. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(1), 93–107. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.8410
Haryono, G. (2017). Analisis Persepsi Konsumen, Kelompok Referensi Dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa STIE-SAK Pada Pembelian Samsung. EKOBISTEK, 6(2).
Kotler, P., & kevin L. Keller. (2016). Marketing Management. In Essentials of Management for Healthcare Professionals (16th ed.). https://doi.org/10.4324/9781315099200-17
Liantifa, Melifia, and Gampo Haryono. 2022. “Discount, Promotion Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Online Shop.â€Al-Dzahab3 (1): 10–20. https://doi.org/10.32939/dhb.v3i1.1033
Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. Y. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 2(2), 157–168. https://doi.org/10.35829/econbank.v2i2.100
Safira, R. E., & Rahmanto, D. N. A. (2022). Islamic Branding Experience Dan Customer Citizenship Behaviour. Journal of Islamic Banking and Finance, 2(1), 1–19.
Satria, H., Pratama, P., & Rakhmadani, D. P. (2022). Penerapan Metode Technology Acceptance Model ( TAM ) Dalam Penggunaan Aplikasi Linkaja. 9(2), 176–186. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.3940
Satria, E. (2021). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PDAM TIRTA KHAYANGAN UNIT TANAH KAMPUNG KOTA SUNGAI PENUH. Jurnal AKRAB JUARA, 6(1), 258–272. http://www.akrabjuara.com/index.php/ akrabjuara/article/view/1388/1215
Tri Anggono, B. N., . I., & A B, S. H. (2020). Persepsi Kemudahan, Resiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 144–153. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.144-153
Ayu Lestari, A. Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas , dan Kepuasan Wisatawan terhadap Minat Berkunjung Kembali (Study Kasus pada Objek Wisata Budaya Taman Tujuh Desa Hiang Sakti). J Adm Kantor. 2022;10(2):153-166.
Budaya, I., & Ahdiani, N. (2019). KEPERCAYAAN DAN CELEBRITY ENDORSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KUALITAS INFORMASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA ONLINE SHOP (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Sakti Alam Kerinci). JURNAL EKONOMI SAKTI (JES), 8(2), 145-157.
Ahmad, M. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Keadaan Ekonomi, dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Beat di Kota Sungai Penuh. Al Dzahab: Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 2(2), 59-65.
Efdison, Z. (2021). Internal Marketing Analysis and Service Quality on Student Satisfaction as Consumers. ADPEBI International Journal of Business and Social Science, 1(1), 77-83.
Siswadhi, F., & Ahmad, M. (2021). ANALISIS DIMENSI KNOWLEDGE WORKER DALAM MENINGKATKAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KERINCI. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial Issue 2), 752-761.







1.png)



