PENGARUH MODAL USAHA, LINGKUNGAN KELUARGA, KREATIVITAS DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS ISLAM

(Studi Pada Alumni Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2017 dan 2018)

  • Sinta Rahayu UIN Raden Intan Lampung
  • Weny Rosilawati UIN Raden Intan Lampung
  • Ahmad Zuliansyah UIN Raden Intan Lampung

Abstract

Saat ini, Indonesia masih dianggap sebagai negara berkembang. Hal ini dikarenakan berbagai permasalahan yang ada di Indonesia. Misalnya pendapatan  rendah, pengangguran tinggi, dan kondisi ekonomi dan sosial yang tertinggal dibandingkan dengan negara maju. Kewirausahaan dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat membantu meningkatkan perekonomian Indonesia karena beberapa alasan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal usaha, lingkungan keluarga, kreativitas dan self efficacy terhadap minat berwirausaha dalam perspektif manajemen bisnis islam pada alumni mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017 dan 2018.


     Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner pada alumni mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017 dan 2018. Sampel penelitian berjumlah 86 responden dengan menggunkan teknik puposive sampling. Metode analisis data menggunakan partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS.4 untuk pengolahan data.


     Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel modal usaha, lingkungan keluarga, dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada alumni mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017 dan 2018. Sedangkan variabel kreativitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha pada alumni mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017 dan 2018. Namun secara simultan modal usaha, lingkungan keluarga, kreativitas dan self efficacy berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha pada alumni alumni mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017 dan 2018. Penerapan modal usaha, lingkungan keluarga, kreativitas dan self efficacy terhadap minat berwirausaha pada alumni mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017 dan 2018 dalam perspektif manajemen bisnis islam sudah terealisasikan dengan baik dan sangat baik.


Kata Kunci : Modal Usaha, Lingkungan Keluarga, Kreativitas, Self Efficacy, Minat Berwirausaha

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 7, 2023
How to Cite
RAHAYU, Sinta; ROSILAWATI, Weny; ZULIANSYAH, Ahmad. PENGARUH MODAL USAHA, LINGKUNGAN KELUARGA, KREATIVITAS DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS ISLAM. JURNAL EKONOMI SAKTI (JES), [S.l.], v. 12, n. 1, p. 68-88, apr. 2023. ISSN 2685-1849. Available at: <https://jes.stie-sak.ac.id/index.php/103044/article/view/269>. Date accessed: 19 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.36272/jes.v12i1.269.
Section
Articles