PENGARUH MODAL USAHA, LINGKUNGAN KELUARGA, KREATIVITAS DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS ISLAM

(Studi Pada Alumni Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2017 dan 2018)

Authors

  • Sinta Rahayu UIN Raden Intan Lampung
  • Weny Rosilawati UIN Raden Intan Lampung
  • Ahmad Zuliansyah UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36272/jes.v12i1.269

Keywords:

Modal Usaha, Lingkungan Keluarga, Kreativitas, Self Efficacy, Minat Berwirausaha

Abstract

Saat ini, Indonesia masih dianggap sebagai negara berkembang. Hal ini dikarenakan berbagai permasalahan yang ada di Indonesia. Misalnya pendapatan  rendah, pengangguran tinggi, dan kondisi ekonomi dan sosial yang tertinggal dibandingkan dengan negara maju. Kewirausahaan dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat membantu meningkatkan perekonomian Indonesia karena beberapa alasan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal usaha, lingkungan keluarga, kreativitas dan self efficacy terhadap minat berwirausaha dalam perspektif manajemen bisnis islam pada alumni mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017 dan 2018.

     Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner pada alumni mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017 dan 2018. Sampel penelitian berjumlah 86 responden dengan menggunkan teknik puposive sampling. Metode analisis data menggunakan partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS.4 untuk pengolahan data.

     Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel modal usaha, lingkungan keluarga, dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada alumni mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017 dan 2018. Sedangkan variabel kreativitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha pada alumni mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017 dan 2018. Namun secara simultan modal usaha, lingkungan keluarga, kreativitas dan self efficacy berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha pada alumni alumni mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017 dan 2018. Penerapan modal usaha, lingkungan keluarga, kreativitas dan self efficacy terhadap minat berwirausaha pada alumni mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017 dan 2018 dalam perspektif manajemen bisnis islam sudah terealisasikan dengan baik dan sangat baik.

Kata Kunci : Modal Usaha, Lingkungan Keluarga, Kreativitas, Self Efficacy, Minat Berwirausaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, J. and W. (2019). Konsep Dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) Untuk Penelitian Empiris (1st ed). BPFE.
Abdullah, M. (2011). Manajemen Bisnis Syariah. Aswaja Persindo.
Alma, B. (2016). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Alfabeta.
Anand, F., & Meftahudin. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al-Qur’an). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 88–97.
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
Aziz, F. A. (2016). Manajemen Kewirausahaan Islami. Editie Pustaka.
Badan Pusat Statistik. (n.d.). Retrieved October 11, 2022, from https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/05/09/1915/februari-2022--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-83-persen.html.
Bangsawan, R. and I. (2021). Konsep Metodologi Penelitian Bagi Pemula (A. P. Press (Ed.); Cet.1).
Budaya, Indra. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Salon Feri Pelaminan. Jurnal Administrasi Nusantara (JAN) Volume 2 No. 2 – Desember 2019.
Budi, H. I., & Hairunisya, N. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1), 13. https://doi.org/10.29100/jupeko.v5i1.1414
Chairina, R. R. L. (2019). Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Kinerja Perawat Rumah Sakit) (Cet. 1). Zifatama Jawara.
Dina, M. (2019). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura, Pontianak). Vol 8,.
Efdison, Z. (2021). Internal Marketing Analysis and Service Quality on Student Satisfaction as Consumers. ADPEBI International Journal of Business and Social Science, 1(1), 1–6.
F, A. (2016). Manajemen Kewirausahaan Islam. Editie Pustaka.
Fu’adi, I. F., Eko, B., & Murdani. (2009). Hubungan Minat Berwirausaha Dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Kelas Xii Teknik Otomotif Smk Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 9(2), 129855.
Garjito, D. (2014). Berani Berwirausaha. Akmal Publishing.
Gulo W. (2002). Metodologi Penelitian. Grasindo.
H, D. (2012). Psikologi Pendidikan (Cet.ke-VII). PT. Bumi Aksara.
Hafidhuddin, D. (2008). Manajemen Syariah. Gema Insani.
Hasibuan, M. S. . (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara.
Hendryadi, S. and. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Kencana.
Juliasti, S. (2009). Cerdas Mendapatkan dan Mengelola Modal Usaha. PT. Persero.
Kasmir. (2011). Kewirausahaan. PT. Raja Grafindo Persada.
Liantifa, M., and Siswadhi, F. 2019. Shopping Lifestyle as a Mediation Variable in the Effect of Hedonic Shopping Value on Buying Impulse in Online Shop. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 7(2), pp. 183-191.
Mahyarni. (2013). Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13. https://doi.org/10.24014/jel.v4i1.17
Mukhid. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. CV.Jakad Media Publishing.
Paristia, P. (2022). Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Dalam Perspektif Manajemen Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Priyono. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Zifatama Publisher.
Putri, T. K., & Ahyanuardi, A. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga dan Kreativitas terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 86–92. https://doi.org/10.24036/jpte.v2i2.122
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press.
Romli, N. A. (2022). Kewirausahaan Kreatif: Cara Menuangkan Ide Kreatif Menjadi Produk dan Memasarkannya (Cet.1). Mitra Cendekia Media.
Semiawan, C. (2010). Pendidikan Keluarga Dalam Era Global. PT. Preenhalindo.
Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 4043. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i12.p01
Sohilait, E. (2021). Buku Ajar Pengantar Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.
Sri Iswati, M. A. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Cet. 1). Airlangga University Press.
Suryana. (2017). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Selemba Empat.
Sutedja, H. and A. (2020). Pengantar Statistik. Widina Bhakti Persada Bandung.
Tanusi, G., & Laga, Y. (2020). Pengaruh pelatihan, motivasi dan modal usaha terhadap minat berwirausaha di uptd llk ukm kabupaten ende. Kinerja, 17(1), 157–163. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/view/6717
Tohardi, A. (2021). Kewirausahaan. Nas Media Pustaka.
Wardani, N. T., & Dewi, R. M. (2021). Pengaruh Motivasi, Kreativitas, Inovasi dan Modal Usaha terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 93. https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i1.5806
Wiani, A., Ahman, E., & Machmud, A. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Peserta Didik Smk Di Kabupaten Subang. Jurnal MANAJERIAL, 17(2), 227. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11843
Yuliati, L., & Anwar, S. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 5(2), 69. https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i2.p69-75.9639
Zuliansyah, N. W. N. N. dan A. (2022). Biaya Lingkungan dan Kinerja Keuangan Perusahaan dalam Ekonomi Syariah. 8(03), 3349–3356.
Budaya, I., & Ahdiani, N. (2019). KEPERCAYAAN DAN CELEBRITY ENDORSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KUALITAS INFORMASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA ONLINE SHOP (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Sakti Alam Kerinci). JURNAL EKONOMI SAKTI (JES), 8(2), 145-157.
Ayu Lestari, A. Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas , dan Kepuasan Wisatawan terhadap Minat Berkunjung Kembali (Study Kasus pada Objek Wisata Budaya Taman Tujuh Desa Hiang Sakti). J Adm Kantor. 2022;10(2):153-166.
Ahmad, M. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Keadaan Ekonomi, dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Beat di Kota Sungai Penuh. Al Dzahab: Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 2(2), 59-65.
Efdison, Z. (2021). Internal Marketing Analysis and Service Quality on Student Satisfaction as Consumers. ADPEBI International Journal of Business and Social Science, 1(1), 77-83.

Siswadhi, F., & Ahmad, M. (2021). ANALISIS DIMENSI KNOWLEDGE WORKER DALAM MENINGKATKAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KERINCI. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial Issue 2), 752-761.

Published

04/07/2023

Issue

Section

Articles