UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ISLAM

Kemiskinan dan kesejahteraan sosial islam

  • Wida Andina IAIN PONOROGO
  • Amin Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Abstract


ABSTRACT
Poverty is a social problem that cannot be resolved by every country. Poverty is also the precursor to the emergence of other social problems related to the welfare of people's lives. The same thing happens in Indonesia, which is a developing country with a large population which of course cannot avoid the problem of poverty. Poverty in Indonesia also triggers conflicts in people's lives such as hunger and low levels of public health, low quality of human resources due to limited access to education, inadequate living and even the rise of crime, so that the high and low levels of poverty in a country greatly affect the level of welfare of life. public. Poverty is also a problem that will not escape the attention and discussion of Islamic religious teachings, because empirical facts show that there are many countries with high levels of poverty where the majority of the population is Muslim. Discussions about poverty are found in the Al-Quran, especially in the study of al-faqir and al-miskin which reconstructs theology in viewing poverty. So as to build mutual understanding and awareness that work ethic is also very important in alleviating poverty. This research was conducted to find out how efforts can be made to stage poverty based on Islamic law. The method used is descriptive qualitative by examining sources from books and journals.
Keywords: poverty; social problems; staging poverty
ABSTRAK
Kemiskinan merupakan sebuah problematika sosial yang belum dapat dituntaskan oleh setiap negara. Kemiskinan juga merupakan cikal-bakal munculnya permasalahan sosial lainnya yang berkaitan dengan kesejahteraan kehidupan masyarakat. Sama halnya dengan yang terjadi di Indonesia, yang merupakan negara yang sedang berkembang dengan jumlah penduduk yang besar yang tentunya tidak dapat terhindar dari masalah kemiskinan. Kemiskinan di Indonesia juga memicu konflik-konflik dalam kehidupan masyarakat seperti kelaparan dan rendahnya tingkat kesehatan masyarakat, rendahnya kualitas sumber daya manusia karena keterbatasan akses pendidikan, kehidupan yang tidak layak bahkan maraknya kriminalitas, sehingga tinggi rendahnya jumlah kemiskinan suatu negara sangat sangat memengaruhi tingkat kesejahteraan kehidupan masyarakat. Kemiskinan juga merupakan sebuah problematika yang tidak akan luput dari perhatian dan pembahasan ajaran agama islam, karena fakta empiris menunjukkan bahwa banyak ditemukan negara-negara dengan tingkat kemiskinan tinggi yang mayoritas penduduknya adalah beragama islam. Pembahasan tentang kemiskinan terdapat dalam Al-Quran kususnya dalam kajian al-faqir dan al-miskin yang merekonstruksi teologi dalam memandang kemiskinan. Sehingga membangung pemahaman dan kesadaran bersama bahwa etos kerja juga merupakan hal yang sangat penting dalam mementaskan kemiskinan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan untuk mengatahuai bagaimana upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mementaskan suatu kemiskinan yang berdasarkan syariat islam. Metode yang digunakan adalah kualutatif deskriptif dengan mengkaji sumber-sember dari buku dan jurnal-jurnal.
Kata Kunci: kemiskinan; permasalahan sosial; mementaskan kemiskinan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 4, 2023
How to Cite
ANDINA, Wida; WAHYUDI, Amin. UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ISLAM. JURNAL EKONOMI SAKTI (JES), [S.l.], v. 12, n. 3, p. 339-350, dec. 2023. ISSN 2685-1849. Available at: <https://jes.stie-sak.ac.id/index.php/103044/article/view/312>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.36272/jes.v12i3.312.
Section
Articles