PENGARUH PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA BUKITTINGGI

  • Randa Afri Putra Universitas Islam Negeri Syech M Djamil DJambek Bukittinggi
  • Tartilia Devy Universitas Islam Negeri Syech M Djamil DJambek Bukittinggi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh program pelatihan khusus yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Bukittinggi. Dengan pendekatan penelitian kuantitatif, sampel diambil sebanyak 50 orang pemilik UMKM yang mengikuti pelatihan yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bukittinggi. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data pendapatan usaha sebelum dan sesudah pelatihan, dan perangkat lunak statistik digunakan untuk menganalisis data dan menentukan variasi pendapatan usaha. Temuan penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan memberikan dampak positif yang cukup besar terhadap pendapatan UMKM di Kota Bukittinggi. Lebih lanjut, para peserta UMKM menyampaikan pendapat positif terhadap program yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM Bukittinggi. Investasi dalam pelatihan dan pengembangan keterampilan sangat penting untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM, seperti yang disoroti dalam temuan ini. Penelitian ini juga menghasilkan persamaan regresi linier sederhana Y = -8,903 + 0,216 yang menunjukkan bahwa variabel pelatihan (X) mempunyai nilai koefisien regresi sebesar 0,216. Nilai konstanta (a) negatif sebesar -8,903 menunjukkan bahwa kurangnya pelatihan mengakibatkan penurunan pendapatan, begitu pula sebaliknya. Besarnya kontribusi pelatihan (X) terhadap pendapatan (Y) sebesar 76,5%, sedangkan sisanya sebesar 23,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Kata Kunci: UMKM, Pelatihan, Pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 5, 2024
How to Cite
PUTRA, Randa Afri; DEVY, Tartilia. PENGARUH PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA BUKITTINGGI. JURNAL EKONOMI SAKTI (JES), [S.l.], v. 13, n. 1, p. 1-13, apr. 2024. ISSN 2685-1849. Available at: <https://jes.stie-sak.ac.id/index.php/103044/article/view/318>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.36272/jes.v13i1.318.
Section
Articles