STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA HERBALIFE DI NC HAPPY SANGGAU)

Authors

  • Alfonsus Ligouri Lisien Al Universitas Semarang
  • Ayu Nurafni Octavia Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36272/jes.v13i1.322

Keywords:

Marketing Strategy, Promotion, Price, Location, Quality of Service

Abstract

This research was conducted by Herbalife at NC Happy Sanggau. The purpose of this study was to reveal the Herbalife Marketing Strategy at NC Happy Sanggau in retaining customers. This research uses qualitative methods, using triangulation of data sources, namely observation, interviews, documentation. This research was conducted on 5 informants of owners, employees, and customers. The results of this study indicate that the strategy used in efforts to retain customers is to prioritize customer satisfaction. The Price offered is affordable and in accordance with the quality of service and Product quality. The Promotion used is direct Word of Mouth

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Y. R., Zain, I., & Nuraini, P. (2019). Analisis Dimensi Service Marketing Mix Sebagai Pengukur Kepuasan Nasabah Bank Syariah Di Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.25299/jtb.2019.vol2(2).4395
Alam, N., & Tui, S. (2022). Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Pada Perusahaan Manufaktur. YUME : Journal of Management, 5(3), 367–382. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.324
Amalia Cahaya Ning Tyas. (2023). Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi ( RITMIK ) Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian di GD Djimbe Santren , Kota Blitar. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi ( RITMIK ), 5(4), 375–383.
Anggraini, R., Wulandari, C. D., Sriyanto, & Dewita, F. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK, DIRECT MARKETING DAN STRATEGI DIFERENSIASITERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MITSUBISHI MOTORS. Univetbantara, 4.
Anjani, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Whatsapp Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan. Jurnal Komunikatio, 4(1), 41–50. https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1211
Artanti, A., & Adinugraha, H. H. (2020). Strategi Pemasaran Word of Mouth pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Produk Home Industry Mie Eblek DEsa Kasepuhan). Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 3(2), 2620–7680. http://repository.usu.ac.id
Aslamiyah, S., & Santoso, R. A. (2023). Implementasi Strategi Pemasaran Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) MCM. UMMagelang Conference Series, 61–78. https://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/9948%0Ahttps://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/download/9948/4421/
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713
Aziz, M. A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Beras Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus : CV. Rahmat Jaya). Jurnal Riset Rumpun Ilmu Tanaman (JURRIT), 2(2), 25–35. https://doi.org/10.55606/jurrit.v2i2.1802
Bedjo, S., Hendro, F., & Putro, A. (2020). Strategi komunikasi pemasaran model nice untuk bisnis bermodal kecil dalam meraih konsumen. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(07), 71–80. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/500/364
Bilgies, A. F. (2017). Peran Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Billagio Skincare Clinic Sidoarjo. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1), 78–90. https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.7
Chairiyaton, & Verawati, N. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (Stimi) - Meulaboh. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 3(1). https://doi.org/10.35308/jbkan.v3i1.1370
Chrismastianto, I. A. W. (2017). Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia,. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 133–144.
Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Ekonologi : Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Galuh Ciamis, 5(1), 1–6. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
Eldwin, G. J. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Produk Kosmetik Obien Surabaya di Jawa Timur. Agora, 9(1), 1–9.
Erawati, S. H., & Wardhana, B. P. J. (2023). Determinan Word of Mouth Dalam Bisnis Kuliner. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 15–21. https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.13878
Erlangga, R., Tampi, J. R. E., & Kalangi, J. A. F. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi Pada Halu Kopinspirasi. Jurnal Productivity, 197–202. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/29548
Fadhilah, J. N., & Hanif Aulawi. (2018). Bauran Promosi Meeting Rooms Dan Events Di The Evitel Hotel Cibitung Bauran Promosi Meeting … ( Jihan Nur Fadhilah ). Jurnal Administrasi Kantor, 6(2), 193–202.
Fadhilah, M., Wati, S. K., & Widodo, E. K. (2023). Penerapan Digital Marketing pada UMKM Batik Sembung di Kulonprogo. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 802–809. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.3603
Fakhrudin, A., Yudianto, K., & A.D., Y. S. M. (2021). Word of Mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah. Forum Ekonomi, 23(4), 648–657. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10111
Fatma Setyaningsih. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Pelanggan Pada Lembaga Rafi Bimbel Tangerang. JMB : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(1), 221–230. https://doi.org/10.31000/jmb.v10i1.4233
Fradani, A. C., & Astuti, R. P. F. (2017). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Pada IKIP PGRI Bojonegoro). JURNAL GICI Volume 8. No.1 Tahun 2017 ISSN 2088-1312, 8, 37–46.
Friska Febrianti. (2023). STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA KULINER DI KECAMATAN BENGKAYANG. Jurnal Ekbis, 23(1), 285. https://doi.org/10.30736/je.v23i1.1156
Hariyanti, N. R., Anggriawan, R. T. P., & Purwanto, A. M. D. C. (2023). Peran Komisi Pengawas Persaingan Usaha (Kppu) Dalam Praktik Kartel Minyak Goreng. Deposisi: Jurnal Publikasi Ilmu Hukum, 1(2), 167–179.
Indah, D. R., & Rahmadani, E. (2019). Sistem Forecasting Perencanaan Produksi dengan Metode Single Eksponensial Smoothing pada Keripik Singkong Srikandi Di Kota Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (Jensi), 2(1), 10–18. https://ejurnalunsam.id/index.php/jensi/article/view/930
Indrayani, R. (2023). Analisis Model Bisnis Online di Kota Bandung Menggunakan Porter Five’s Force Rina Indrayani. Tinggi, Sekolah Bandung, Teknologi, 6681(6), 697–702.
Indriyani, F., & Helling, L. S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Website , Kepercayaan, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 5(1), 56–68. https://doi.org/10.32477/jrm.v5i1.42
Irawan, M. D., & Hasni, L. (2018). Sistem Penggajian Karyawan Pada Lkp Grace Education Center. Jurnal Teknologi Informasi, 1(2), 125. https://doi.org/10.36294/jurti.v1i2.286
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
Kholifah. (2022). Pengaruh Kualitas Fungsional Dan Citra Perusahaan Terhadap Word of Mouth Communication Dimediasi Kepuasan Konsumen Pada Konsumen Senorita Bakeshop. Journal of Digital Business and Management, 1(2), 63–77. https://doi.org/10.32639/jdbm.v1i2.188
Lestari, A., Lestari, A., Ussania, I., & Zainarti. (2022). Analisis Kinerja Usaha Pada Produk Tempe Di Desa Galang Suka. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 1(4), 161–170. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v1i4.522
Lutfia, L., & Sylviana Zanthy, L. (2019). Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan Dan Pemberian Scaffolding Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 01(03), 394–404.
Marliani, R. (2023). Peningkatan Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTs YPP Babakan Jamanis melalui Bantuan Renovasi. Sosiosaintika, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.59996/sosiosaintika.v1i1.30
Marra, S. A., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Kontrak Di Pt. Yamaha Manufacturing Indonesia – Karawang. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 301–310. https://doi.org/10.55681/primer.v1i3.146
Maulidin, T., Alexander, N., & Zulbetti, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Bhakti Idola Tama Bandung. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 519–524.
Megawati, & Santoso, S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Masa pandemi di J&T Express Cabang Lubang Buaya Jakarta Timur. PANDITA: Interdisciplinary Journal of Public Affairs, Vol. 5 No. 2 (2022), 5(2), 92–99.
Munarsih, & Pratama, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pt. Indomarco Prismatama Cabang Kemiri Raya Kota Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Economy,Business, Entrepreneuship and Finance, 2(1), 49–64. https://doi.org/10.53067/ijebef
Nikmatus Sholicha. (2021). Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2). https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2286
Ningsih, F. Y. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi Segmenting, Targeting, Dan Positioning Terhadap Pembiayaan Mikro Pada PT. BRI Syariah KCP Muara Bungo. ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 2(2), 40–52. https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v2i2.211
Ningsih, S., & Handayani, T. (2017). Rancangan Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah Kerupuk Multisari. Jurnal Daya Saing, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v3i2.106
Ningtyas, K. A., & Anas Hidayat. (2023). Analisis Bauran Pemasaran Di PT Haruman Multi Artha Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(5), 332–345. https://journal.arimbi.or.id/index.php/Lokawati/article/view/183%0Ahttps://journal.arimbi.or.id/index.php/Lokawati/article/download/183/169
Nurdiansyah, F., & Rugoyah, H. S. (2021). Strategi Branding Bandung Giri Gahana Golf Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 159.
Nurlela, I., Yanti, R. A. E., & Aryansyah, F. (2021). Pengaruh Penetapan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 179. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.5891
Nurngaeni, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Marketing Mix. AmaNu: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 4(2), 192–202.
Octavia, A. N., Erlinda, D., & Lau, M. P. (2023). Analisis Citra Merek , Periklanan dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Fokus EMBA, 02(02), 157–167.
Pekerti, L. G. P. K. (2022). Menelisik Strategi Daya Saing Dan Ketahanan Usaha Di Tengah Maraknya Toko Modern. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 157–166. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3836
Pendong, S. V., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. C. (2018). Pengaruh Harga dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pabrik Tahu Mbak Sul Karombasan Utara Kota Manado. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.
Prastiani, I., & Subekti, S. (2019). Digitalisasi Manuskrip Sebagai Upaya Pelestarian dan Penyelamatan Informasi (Studi Kasus pada Museum Radya Pustaka Surakarta). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 141–150. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23141
Purwanda, E., & Wati, T. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pelanggan LAZADA Di Wilayah Bandung Timur). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 18(1), 508–514. https://doi.org/10.55916/frima.v0i1.236
Putri, M. A., & Pratito, D. W. (2023). USAHA KULINER TOKO ROTI ( Studi Kasus Toko Roti Galaxy Bakery Ungaran ). 15(3), 82–94.
Rahadi. (2022). Strategi Pemasaran Umkm di Masa Pandemi Covid-19. Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(1), 96. https://doi.org/10.24014/ekl.v5i1.14713
Rahadian, F. (2020). PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. CINTA AIR MINUM Fajar. Jurnal Indonesia Membangun, 19(1), 57–71.
Rahayu, S. (2023). Strategi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 2(1), 109–113. https://doi.org/10.47233/jppisb.v2i1.705
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623
Saputri, R. S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang Rini Sugiarsih Duki Saputri. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 46–53.
Seran, R. B., Sundari, E., & Muinah, F. (2023). Jurnal Mirai Management Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211.
Setia, D. K. T., Chandra, D. I. K., & Irianto, S. Y. (2023). Pengaruh Dimensi Pengalaman Pasca Pembelian Dalam Belanja Online Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengguna …. Bisnisdanmanajemen, 304–321. http://manajemen.feb.unila.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/Jurnal-Bisnis-Manajemen-Volume-16-No.2-Mei-2020-2.pdf#page=60
Sudarso, S. (2022). Analisis Implementasi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Abg Sidoarjo. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(1), 7. https://doi.org/10.30587/jre.v5i1.3342
Sulastri, T. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikasinya Pada Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 41. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i1.491
Sumarsid, & Paryanti, A. B. (2022). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION DAN TRUST IN BRAN TERHADAP CUSTOMER RETENTION ( Studi Kasus Pengguna Kartu XL di Sekolah Tinggi Manajemen Labora ) Semakin rendahnya pertumbu- han pasar serta tingginya persaingan khususnya di sektor telekomunikasi. Journal.Universitassuryadarma.Ac.Id. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jmm/article/view/752
Syaputra, D., & Marsih, Y. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Optik Humaira Di Sekayu. Jurnal Agora, 6(2), 2–7.
Tenima, Y., Moniharapon, S., & Lintong, D. (2023). Pengaruh Persepsi Harga , Social Media Advertising Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Bakso Surabaya Di Bahu The Influence Of Price Perceptions , Social Media Advertising And Word of Mouth On Purchasing Decisions At Surabaya M. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 1367–1378.
Valentine, G., & Selliamanikti, I. (2023). Minat Beli Kosmetik Di The Body Shop ( Studi Kasus Pada Pengguna Produk The Body Shop Di Mall Metropolitan Bekasi ). Jurnal Riset Perbankan, Manajemen Dan Akuntansi.
Wahyuni, Y. S., Muttaqien, F., & Darmawan, K. (2020). 693-Article Text-1527-1-10-20230102. 166–173.
Walangitan, B. Y., Lucky O.H. Dotulong, & Poluan, J. G. (2022). Pengaruh Diskon Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Untuk Menggunakan Transportasi Online (Studi Pada Konsumen Maxim Di Kota Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 511–521.
Wilinny, W., Halim, C., Sutarno, S., Nugroho, N., & Hutabarat, F. A. M. (2019). Analisis Komunikasi Di PT. Asuransi Buana Independent Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1), 1–6.
Yulismayanti, C., Harziko, I., & Magfirah, I. (2023). Dampak Covid-19 Terhadap Aktivitas Pembelajaran Siswa di SD Negeri 4 Namlea. Journal Of Social Science Research, 3(2), 7950–7958. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Published

04/15/2024

Issue

Section

Articles