ANALISIS HEDONIC SHOPPING MOTIVATION MASYARAKAT MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL SHOPEE PAYLATER DALAM PERSPEKTIF SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.36272/jes.v13i3.350Keywords:
Hedonic Shopping Motivation, Shopee PayLater, perspektif syariahAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui hedonic shopping motivation shopee paylater dalam perspektif syariah yang ada di masyarakat Sidodadi Limau Purut Kab. Pasaman Barat, hedonic shopping motivation adalah dorongan untuk berbelanja yang didasari oleh keinginan, kesenangan, dan pengalaman yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hedonic shopping motivation masyarakat yang menggunakan shopee paylater dalam perspektif syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Shopee PayLater pada marketplace Shopee sangat memberikan dampak buruk terhadap keuangan, selain memberikan dampak buruk terhadap keuangan, Shopee PayLater juga memberikan kemudahan mereka untuk terbiasa berhutang dan melakukan pembelian yang dapat membuat mereka melakukanterbiasa berhutang dan melakukan pembelian yang dapat membuat mereka melakukan kebiasaan konsumtif sehingga dapat menyebabkan mereka membeli secara impulsif karena adanya Shopee PayLater dengan ‘Beli sekarang, Bayar nanti’. Allah SWT mengharamkan atasnya riba, dimana riba adalah tambahan atau peningkatan yang dilarang dalam transaksi keuangan menurut syariah islam. Pada Shopee PayLater memberikan bunga pada mereka yang meminjam maka dari itu penggunaan Shopee PayLater itu Haram, karena adanya biaya tambahan atau kelebihan dari jumlah yang dipinjamkan dengan hitungan persen dan perbulannya.
Downloads
References
Harun. (2017). Fiqih Muamalah. Surakarta.
Immanuel Mamuya, N. C. (2021). Aspek Situasional, Suasana Took, Advertensi Pemasaran, Dorongan Berbelanja Hedonic Pada Pembelian Impulsif Pelanggan. Pasaman Barat.
Kumastuti, C. K. (2022). Novel Pra Remaja- Buku Pembimbing Saya Serta Diriku. Jawa Barat.
Rahmawati, I., Saadah, L.,& Amalia, N. (2020). Aspek Korting, Tambahan Pack serta In Store Disply Dan Pengaruhnya kepada Pembelian Impulsif. Tambakberas.
Sadiyah, Meter. (2019). Fiqih Muamalah Filosofi Serta Aplikasi. Jawab Tengah.
Setiawan, H. (2014). Orang Utuh Suatu Amatan Atas Pandangan Abraham Maslow. Yogyakarta.
Surachman, A. E. (2023). Manajemen Finansial Di Masa Digital. Sukajaya.
Rusni, A.,& Solihin, A. (2022). Akibat Dorongan Berbelanja Hedonis, Korting Harga serta Tagline Free Ongkir kepada Kebahagiaan Pembelian Impulsif Dengan cara Online Di Shopee. Harian Objektif Manajemen Serta Bidang usaha.
Shopee. (2020). Shopee PayLater. Diakses pada bertepatan pada 10 November 2023 dari https: atau atau help. shopee. co. id atau s atau article atau shopeepaylater