PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN D’SRUPUT PURWAKARTA

Authors

  • Asep Badru Zaman STAI DR.KH.EZ.MUTTAQIEN

DOI:

https://doi.org/10.36272/jes.v13i3.354

Keywords:

Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk minuman d’Sruput di Purwakarta. Menggunakan data dari 100 responden, penelitian ini memanfaatkan teknik analisis seperti uji korelasi, regresi linier berganda, uji determinasi, uji t, dan uji F. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara harga dan keputusan pembelian dengan koefisien korelasi 0,382 dan signifikansi < 0,001. Hubungan antara promosi dan keputusan pembelian juga signifikan dengan koefisien korelasi 0,778 dan signifikansi < 0,001. Analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa promosi (b = 0,865, p < 0,001) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara harga (b = 0,076, p = 0,417) tidak berpengaruh signifikan. Uji determinasi mengungkapkan bahwa harga dan promosi bersama-sama menjelaskan 60,8% variasi dalam keputusan pembelian (R² = 0,608). Uji t menunjukkan bahwa hanya promosi yang signifikan secara parsial, dan uji F menunjukkan pengaruh signifikan simultan dari harga dan promosi dengan nilai F sebesar 75,114 dan signifikansi < 0,001. Kesimpulan penelitian ini adalah promosi merupakan faktor dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian, mendukung teori pemasaran yang menekankan pentingnya promosi dalam memengaruhi perilaku pembelian konsumen.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, S. M. (2020). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 134-145.
Chaudhry, M.S. Sistem Ekonomi Islam: Prinsip Dasar, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2012), h,137.
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2014). Strategi Menaklukkan Pasar melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Gramedia Pustaka Utama.
Genady, Dien. I. “Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, dan Promosi Uang Elektronik Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik di Masyarakat”, (Skripsi---Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018).
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gunelius, S. (2011).
Handoko, B., & Dewi, R. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Toko Retail Modern. Jurnal Manajemen Retail Indonesia, 4(2), 78-89.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.Juhari. “Perspektif Produk, Harga, Promosi, dan Merek dalam Keputusan Pembelian Smartphone Samsung”, (Journal of Applied Business and Economic, Vol. 4 No. 4, 2018), h. 292-293.
Kurniawati, I., & Puspitasari, D. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Industri F&B. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12(2), 100-110.
Mulyadi, A., & Kartika, R. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Minuman Ringan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(3), 45-58.
Nugraha, S., & Pratama, F. (2017). Analisis Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Elektronik. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 9(3), 121-130.
Purnomo, S. (2020). Pengaruh Promosi Digital terhadap Keputusan Pembelian di Era Pandemi. Jurnal Pemasaran Digital, 5(1), 102-111.
Ramadhani, S. (2021). Pengaruh Strategi Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 17(1), 88-97.
Rangkuti, F. (2017). Teknik Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Gramedia Pustaka Utama.
Sari, A. P., & Rachmawati, I. (2018). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk XYZ di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(1), 75-85.
Sutisna. (2015). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya.
Swastha, B., & Irawan, E. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.
Umar, H. (2014). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama.
Wijaya, H., & Salim, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 92-101.
Yulianto, M. (2019). Analisis Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 15(1), 53-62.Sumber Online dan Media Lain
Firmansyah, D. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Diakses dari https://www.digitalmarketingjournal.com/pengaruh-pemasaran-digital
Hidayat, M. (2022). Hubungan antara Harga dan Keputusan Pembelian di Pasar Modern. Diakses dari https://www.retailmanagement.com/harga-keputusanpembelian
Mardiani, S. (2023). Pengaruh Iklan dan Promosi terhadap Pembelian Konsumen. Diakses dari https://www.consumermarketing.com/pengaruh-iklan-promosipembelian
Santoso, B. (2021). Analisis Pengaruh Promosi Online terhadap Keputusan Pembelian. Diakses dari https://www.online-marketing.com/analisispromosi-keputusan-pembelian
Sukmana, A. (2020). Strategi Penetapan Harga dalam Industri Minuman. Diakses dari https://www.pricingstrategy.com/strategi-penetapan-harga-industriminuman
Wulandari, S. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Perilaku Konsumen. Diakses dari https://www.marketinginsight.com/pengaruh-promosi-perilakukonsumen
Yuliani, T. (2022). Pengaruh Diskon dan Promosi terhadap Loyalitas Konsumen. Diakses dari https://www.example.com/pengaruh-diskon-promosi-loyalita

Published

2024-12-18

Issue

Section

Articles