PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN D’SRUPUT PURWAKARTA

  • Asep Badru Zaman STAI DR.KH.EZ.MUTTAQIEN

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk minuman d’Sruput di Purwakarta. Menggunakan data dari 100 responden, penelitian ini memanfaatkan teknik analisis seperti uji korelasi, regresi linier berganda, uji determinasi, uji t, dan uji F. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara harga dan keputusan pembelian dengan koefisien korelasi 0,382 dan signifikansi < 0,001. Hubungan antara promosi dan keputusan pembelian juga signifikan dengan koefisien korelasi 0,778 dan signifikansi < 0,001. Analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa promosi (b = 0,865, p < 0,001) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara harga (b = 0,076, p = 0,417) tidak berpengaruh signifikan. Uji determinasi mengungkapkan bahwa harga dan promosi bersama-sama menjelaskan 60,8% variasi dalam keputusan pembelian (R² = 0,608). Uji t menunjukkan bahwa hanya promosi yang signifikan secara parsial, dan uji F menunjukkan pengaruh signifikan simultan dari harga dan promosi dengan nilai F sebesar 75,114 dan signifikansi < 0,001. Kesimpulan penelitian ini adalah promosi merupakan faktor dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian, mendukung teori pemasaran yang menekankan pentingnya promosi dalam memengaruhi perilaku pembelian konsumen.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 18, 2024
How to Cite
ZAMAN, Asep Badru. PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN D’SRUPUT PURWAKARTA. JURNAL EKONOMI SAKTI (JES), [S.l.], v. 13, n. 3, p. 259-278, dec. 2024. ISSN 2685-1849. Available at: <https://jes.stie-sak.ac.id/index.php/103044/article/view/354>. Date accessed: 11 oct. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.36272/jes.v13i3.354.
Section
Articles