PENGARUH CONTENT CREATOR, REVIEW PRODUCT, DAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELANJA GENERASI Z PADA PRODUK BATIK TULIS

  • Hanna Qothrun Nada Universitas Semarang
  • Intan Fatma Ilyana Universitas Semarang
  • Evelin Erza Putri Universitas Semarang

Abstract

This research was conducted to determine the reasons for the decline in sales of written batik based on textile export data in Indonesia for 2021-2023. This research aims to determine how much influence content creators, product reviews, and promotions have in increasing Gen Z's purchase intention in hand-written batik. This quantitative research uses a questionnaire. The sampling was carried out using the Nonprobability Sampling technique. The population of this research is all Generation Z who have a purchase intention and an interest in hand-written batik products with a sample of 85 respondents. The results of this research state that Content Creation and Promotion have a positive and significant effect on Purchase Intention in written batik in Generation Z. Meanwhile, Product Review has a significant negative impact or does not affect Purchase Intention in hand-written batik in Generation Z.


 


Keywords: Content Creator, Product Review, Promotion, Purchase Intention


 


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui alasan penurunan penjualan dari batik tulis berdasarkan data ekspor tekstil di Indonesia tahun 2021-2023. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari content creator, review product, dan promosi dalam meningkatkan minat belanja gen z pada batik tulis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Generasi Z yang memiliki minat belanja dan ketertarikan terhadap produk batik tulis dengan sampel sebanyak 85 responden. Hasil dari penelitian ini menyatakan  bahwa Content Creator dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Belanja batik tulis pada generasi Z. Sedangkan Review Product berpengaruh negatif signifikan atau tidak berpengaruh terhadap Minat Belanja batik tulis pada generasi Z.


 


Kata Kunci: Content Creator, Review Product, Promosi, Minat Belanja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 18, 2024
How to Cite
NADA, Hanna Qothrun; ILYANA, Intan Fatma; PUTRI, Evelin Erza. PENGARUH CONTENT CREATOR, REVIEW PRODUCT, DAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELANJA GENERASI Z PADA PRODUK BATIK TULIS. JURNAL EKONOMI SAKTI (JES), [S.l.], v. 13, n. 3, p. 337-346, dec. 2024. ISSN 2685-1849. Available at: <https://jes.stie-sak.ac.id/index.php/103044/article/view/361>. Date accessed: 11 oct. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.36272/jes.v13i3.361.
Section
Articles