PENGARUH CONTENT CREATOR, REVIEW PRODUCT, DAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELANJA GENERASI Z PADA PRODUK BATIK TULIS

Authors

  • Hanna Qothrun Nada Universitas Semarang
  • Intan Fatma Ilyana Universitas Semarang
  • Evelin Erza Putri Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36272/jes.v13i3.361

Keywords:

Content Creator, Review Product, Promosi, Minat Belanja

Abstract

This research was conducted to determine the reasons for the decline in sales of written batik based on textile export data in Indonesia for 2021-2023. This research aims to determine how much influence content creators, product reviews, and promotions have in increasing Gen Z's purchase intention in hand-written batik. This quantitative research uses a questionnaire. The sampling was carried out using the Nonprobability Sampling technique. The population of this research is all Generation Z who have a purchase intention and an interest in hand-written batik products with a sample of 85 respondents. The results of this research state that Content Creation and Promotion have a positive and significant effect on Purchase Intention in written batik in Generation Z. Meanwhile, Product Review has a significant negative impact or does not affect Purchase Intention in hand-written batik in Generation Z.

 

Keywords: Content Creator, Product Review, Promotion, Purchase Intention

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui alasan penurunan penjualan dari batik tulis berdasarkan data ekspor tekstil di Indonesia tahun 2021-2023. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari content creator, review product, dan promosi dalam meningkatkan minat belanja gen z pada batik tulis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Generasi Z yang memiliki minat belanja dan ketertarikan terhadap produk batik tulis dengan sampel sebanyak 85 responden. Hasil dari penelitian ini menyatakan  bahwa Content Creator dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Belanja batik tulis pada generasi Z. Sedangkan Review Product berpengaruh negatif signifikan atau tidak berpengaruh terhadap Minat Belanja batik tulis pada generasi Z.

 

Kata Kunci: Content Creator, Review Product, Promosi, Minat Belanja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardian, R., & Sudrartono, T. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Kembali Cat Dulux Di Depo Keramik Katapang Bandung. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3), 704–714. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35854
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivarite Dengan Program IBM SPSS20. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Izzah Nur Masyithoh, & Ivo Novitaningtyas. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1951
Jalal, A., & Pratiwi, M. A. (2023). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Belanja Mahasiswa pada Aplikasi Shopee. Bahtera Inovasi, 6(2), 152–163.
https://doi.org/10.31629/bi.v6i2.5582
Kholifatul Maulida, Mochamad Edris, & Joko Utomo. (2023). The Influence of Product Reviews and Content Creators on Purchase Interest through Affiliate Marketing of Shopee E-Commerce users in Kudus Regency. Journal of Finance and Business Digital, 2(3), 365–374.
https://doi.org/10.55927/jfbd.v2i3.6016
Kusumah, C., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Desain Produk, Brand Attitude, dan Kredibilitas Content Creator terhadap Keputusan Pembelian Cimory Squeeze melalui Minat Beli pada Generasi Z di Kota Bandung. Telkom University, 9(4), 2166–2175.
Luh Kadek Budi Martini, Ejasa Sembiring, & Frandy Paulus. (2022). Customer Online Customer Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Modeliafashion Pada Marketplace Tokopedia Jakarta. Journal of Applied Management and Accounting Science, 4(1), 15–24.
https://doi.org/10.51713/jamas.v4i1.67
Santoso, D. K. R. (2023). Pengaruh Brand Image, Content Creator, dan Social Media Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Economics and Accounting, 4, 13−17. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v4i1.1092
Syah, M. A., & Indriani, F. (2020). ANALISIS PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK (Studi Kasus pada Pengguna Famaledaily Indonesia). Diponegoro Journal of Management, 9(3), 1–9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Syukur, M., & Salsabila, S. (2022). Influencer Impact; Solusi Produsen Dalam Mempromosikan Produk. Jurnal Istiqro, 8(2), 129–140.
https://doi.org/10.30739/istiqro.v8i2.1502
Wiguna, I. G. N. A. D., Agustina, M. D. P., & Trarintya, M. A. P. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(2), 486–492.

Published

2024-12-18

Issue

Section

Articles