Indonesia PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE DI MISSYSHOP KOTA

Citra Merek, Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian

  • Ashma Fiya Alfiyyah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syarthini Indrayani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sherry Adelia Natsir Kalla Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian konsumen fashion di marketplace Shopee, khususnya pada toko Missyshop di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Sampel penelitian terdiri dari 160 responden yang merupakan konsumen aktif Missyshop di Shopee. Sampel penelitian ditentukan menggunakan rumus Malhotra untuk penentuan jumlah sampel, yang menghasilkan 160 responden yang merupakan konsumen aktif Missyshop di Shopee. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek, kualitas produk dan kepercayaan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa  semakin baik citra merek Missyshop, semakin tinggi kualitas produknya, dan semakin besar kepercayaan konsumen terhadap toko tersebut, maka semakin besar pula kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian.


Kata Kunci :  Citra Merek, Kualitas Produk, Kepercayaan dan Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 30, 2025
How to Cite
ALFIYYAH, Ashma Fiya; INDRAYANI, Syarthini; KALLA, Sherry Adelia Natsir. Indonesia PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE DI MISSYSHOP KOTA. JURNAL EKONOMI SAKTI (JES), [S.l.], v. 14, n. 1, p. 11-23, apr. 2025. ISSN 2685-1849. Available at: <https://jes.stie-sak.ac.id/index.php/103044/article/view/397>. Date accessed: 09 may 2025. doi: http://dx.doi.org/10.36272/jes.v14i1.397.
Section
Articles