PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN FASHION PADA MARKETPLACE SHOPEE DI MISSYSHOP KOTA

Citra Merek, Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian

Authors

  • Ashma Fiya Alfiyyah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syarthini Indrayani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sherry Adelia Natsir Kalla Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36272/jes.v14i1.397

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Produk, Kepercayaan dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian konsumen fashion di marketplace Shopee, khususnya pada toko Missyshop di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Sampel penelitian terdiri dari 160 responden yang merupakan konsumen aktif Missyshop di Shopee. Sampel penelitian ditentukan menggunakan rumus Malhotra untuk penentuan jumlah sampel, yang menghasilkan 160 responden yang merupakan konsumen aktif Missyshop di Shopee. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek, kualitas produk dan kepercayaan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa  semakin baik citra merek Missyshop, semakin tinggi kualitas produknya, dan semakin besar kepercayaan konsumen terhadap toko tersebut, maka semakin besar pula kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian.

Kata Kunci :  Citra Merek, Kualitas Produk, Kepercayaan dan Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, Muhammad. 2019. “Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Packing Produk Minuman PT. Singa Mas Pandaan.” JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis 1 (2): 104.
Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140.
Cen, cia cai. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk, Dan Merek Terhadap Minat Beli Pakaian di Toko Kimberly. Jurnal Ekonomika ’45, 9(2), 22–26.

Chairunnisa, S., Juanna, A., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Harga Terhadap Minat Beli Fashion Secara Online ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo ). 5(2), 825–833.
Dzulqarnain, I. (2019). Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee. In Repository Universitas Jember.

Hasannah, N., Basamalah, R. M., & Millaningtyas, R. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Penggunaan Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Transportasi Grab (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2018 Universitas Islam Malang).

Hikam, B., & Widahanto, B. M. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas ProdukDan Pemasangan Iklan Pada Keputusan PembelianProduk Cv.Cahaya Agency Surabaya. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Pemasangan Iklan Pada Keputusan Pembelian Produk Cv.Cahaya Agency Surabaya, 07(01), 13–14.
Jalil, A., & Safrianto, A. S. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Marketplace Shopee. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 24(2), 756–766.

Leman, F. M., Soelityowati, Purnomo, J., & Fashion, M. (2021). Dampak Fast Fashion Terhadap Lingkungan. Seminar Nasional Envisi 2020: Industri Kreatif, 128–136.

Liliana, M. (2023). Pengaruh Brand Image Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Blicli.com. Pengaruh Brand Image Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Blicli.Com, 2016.

Martianto, I. A., Iriani, S. S., & Witjaksono, A. D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1370–1385.


Maryati, & Khoiri.M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.

Masturi, Hasanawi, Asyrafinafilah Hasanawi, and Adib Hasanawi. 2021. “Jurnal Inovasi Penelitian.” Jurnal Inovasi Penelitian 1 (10): 1–208.

Nuzulia, A. (2023). Pengaruh Beban Kerja, Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Puspita, I. R., Fadillah, A., & Taqyudin, Y. (2022). Tinjauan Atas Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 2(1), 67–74.

Regina, N., & Nurwidawati, D. (2023). Hubungan antara Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Pelanggan E-commerce. Jurnal Penelitian Psikologi, 10(02), 1001–1013.

Romadhoni, B. B., Akhmad, A., Syah, F., & Mauliana, D. (2024). Peran Citra merek Gaya Hidup Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(1), 163.
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279.

Satria, R., & Imam, D. C. (2024). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bahtera Adi Jaya Periode 2018-2022. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(7), 5490–5500.

Sudariana, and Yoedani. 2022. “Analisis Statistik Regresi Linier Berganda.” Seniman Transaction 2 (2): 1–11.

Sumadi, S., Tho’in, M., Efendi, T. F., & Permatasari, D. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Naughti Hijab Store). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 1117–1127.




Syamsuddinnor et al. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Brand Affect Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan Cleo Pure Water Di Kota Banjarmasin (Studi Pada Konsumen Di Kecamatan Banjamasin Utara Dan Banjarmasin Barat). Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 5(1), 2769–2780.

Published

04/30/2025

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)