DAMPAK PROGRAM KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI NELAYAN MISKIN DI NAGARI TARATAK KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN

  • Yanti Sri Wahyuni STKIP PGRI sumbar
  • Sri Rahayu STKIP PGRI Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak program pemberdayaan terhadap kehidupan sosial ekonomi rumah tangga nelayan miskin di Nagari taratak kecamatan SUTERA Kabupaten Pesisir Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuliatatif dengan menggunakan pengumpulan data dengan cara observasi, dan wawancara mendalam dengan informan yang diambil secara snowball sampling. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi data. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan interaktif yang dikembangkan oleh Mathew Milles dan Huberman. Dampak program terhadap kehidupan sosial adalah interaksi sosial setelah adanya pogram KUBE menjadi erat, dan kerjasama semakin kuat, persaingan menjadi berkurang. Dampak terhadap kehidupan ekonomi dapat dilihat dari pekerjaan bahwa istri nelayan dan anak nelayan sudah bisa bekerja, pendapatan nelayan meningkat, dan pendidikan anak nelayan semakin baik. Berkat adanya program KUBE maka dapat membantu kehidupan ekonomi nelayan bagi yang memanfaatkannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2020
How to Cite
WAHYUNI, Yanti Sri; RAHAYU, Sri. DAMPAK PROGRAM KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI NELAYAN MISKIN DI NAGARI TARATAK KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN. JURNAL EKONOMI SAKTI (JES), [S.l.], v. 9, n. 1, p. 196-208, june 2020. ISSN 2685-1849. Available at: <https://jes.stie-sak.ac.id/index.php/103044/article/view/202>. Date accessed: 01 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.36272/jes.v9i1.202.
Section
Articles